Alat Berat Proyek PLTA Asahan 3 Perbaiki Jalan Yang Kerap Tergenag

Alat berat milik proyek PLTA Asahan 3 sedang membuat alur drainase di sisi jalan lintas Sigura - gura yang selalu tergenang.

KabarMania.com, Asahan - Alat berat proyek PLTA Asahan 3, mulai Senin (27/3), diturunkan untuk menanggulangi genangan air hujan yang kerap terjadi pada salah satu titik ruas jalan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Lintas Sigura - Gura, tepatnya di Dusun III, Desa Aek Songsongan, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

Genangan air tersebut diperkirakan akibat ketiadaan sistem drainase yang memadai pada kedua sisi jalan,jadi untuk menyahuti keluhan warga sekitar dan para pengguna jalan itu, managemen proyek PLTA Asahan 3 menurunkan alat berat jenis backhoe loader.

Backhoe Loader (BL) dikerahkan untuk mengeruk dan menggali drainase yang sudah tidak berfungsi pada kedua sisi jalan, agar kembali dapat mengalirkan air sehingga genangan tidak terjadi lagi di badan jalan yang cekung tersebut.


Bantuan BL ini merupakan respon pihak proyek PLTA Asahan 3, atas permohonan peminjaman Alat berat dari Kepala Desa (Kades) Aek Songsongan, Edy Syahputra Marpaung dan Camat Aek Songsongan, Panusunan Rambe.

Pekerjaan pembuatan dan perbaikan alur drainase untuk penanggulangan genangan permanen tersebut, mengikuti petunjuk teknis dari unsur Pemerintah Desa dan Kecamatan Aek Songsongan.

Sementara Assistant Manager Perizinan dan Umum PT. PLN (Persero) UPP Sumbagut 4, Andhono Yekti  mewakili pihak proyek PLTA Asahan 3, Kamis (30/3) di lokasi kegiatan, menyampaikan kepada para wartawan, bahwa apa yang dilakukan oleh managemen, merupakan salah satu bentuk implementasi Program Asahan 3 Peduli yang selama ini sudah berjalan.


Jalan Sigura - gura merupakan akses utama yang sering dilalui oleh kendaraan proyek PLTA Asahan 3 maupun kendaraan pribadi, tentunya kami sebagai pengguna juga mempunyai tanggung jawab moral terhadap persoalan kelancaran jalan ini.

Sehingga PT. PLN (Persero) dan pihak - pihak rekanan proyek pembangunan PLTA Asahan 3, berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perawatan fasilitas umum termasuk jalan di sekitar lokasi proyek. Dalam melaksanakan kepedulian tersebut, entunya kami berkolaborasi dengan pemerintah setempat, tutur Andhono.

Kepala Desa Aek Songsongan, Edy Syahputra Marpaung didampingi sejumlah pemuka masyarakat, secara khusus mengapresiasi bantuan Pihak PLTA Asahan 3, dengan respon cepatnya terhadap permohonan peminjaman alat berat tersebut.

Pantauan kru media ini di lokasi, salah satu sisi jalan, sudah terbentang galian drainase baru sepanjang lebih dari 300 meter. Genangan air yang selama ini selalu parkir di ruas jalan yang cekung tersebut dapat mengalir masuk ke drainase yang telah dibuat, sehingga tidak ada lagi genangan air di badan jalan. (KBM)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama