Pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Wira Karya Dinilai Serampangan

Salah satu sisi badan jalan yang seharusnya dilebarkan 50 cm.


KabarMania.com, Asahan - Proyek Peningkatan Jalan Wira Karya, Kelurahan Teladan, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan bernilai Rp. 199.400.000,- dinilai beberapa warga sekitar dikerjakan tidak sesuai spesifikasi alias serampangan.

Sisi jalan yang baru beberapa hari saja dihotmik sudah rusak.


Penilaian warga tersebut ternyata bukan tanpa alasan, sekira seminggu sebelum proyek tersebut diselesaikan, kru KabarMania.com atas informasi dari masyarakat melakukan cek ke lokasi pengerjaan proyek dimaksud. Ditemukan beberapa titik akar pohon besar yang menjorok ke tengah jalan namun tidak dibongkar secara utuh (hanya di sisi jalan) saja yang dibongkar akarnya, sementara yang menjorok ke badan jalan tidak dikorek.

Tentu akar pohon yang dibiarkan tersebut dalam beberapa bulan akan membusuk dan badan jalan akan amblas sehingga mengakibatkan hotmiknya retak serta berlubang. Sisi jalan yang kabarnya dikorek secukupnya untuk ditimbun base course sebagai pelebaran 50 cm kanan dan kiri badan jalan.

Akar pohon menjorok ke badan jalan yang tidak dibongkar tuntas.


Belum lagi tampak pemadatan base course sisi jalan yang dilebarkan 50 cm kanan - kiri hanya menggunakan alat pemadat mini serta ada pula dilakukan pada sa'at kondisi sisi jalan digenangi air, jadi tampak base course jadi bubur. Pada sa'at dilakukan pengerjaan proyek terindikasi tidak sesuai spesifikasi kerjanya, sehingga hasil pekerjaannya cacat mutu.

Pemadatan base course dengan alat pemadat mini disa'at sisi badan jalan masih digenangi air, sehingga unsur tanah perekat base course jadi bubur lumpur.


Beberapa warga, Sabtu (27/11) sekira pukul 12.45 wib yang menyaksikan pengambilan foto beberapa titik yang dilakukan kru KabarMania.com di lokasi proyek minta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Pengawas Proyek untuk mengevaluasi Pelaksanaan proyek tersebut yang dilaksanakan CV. Berkah Berlian Jaya. (Irwansyah)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama