Social Impact Assessment PTPN III KBDSL Sukses

Kegiatan Social Impact Assessment (SIA)  di Aula Balai Karyawan PTPN3 Kebun BDSL.

KabarMania.com, Asahan - Bertempat di Aula Balai Karyawan Kebun Bandar Selamat (BDSL), Desa Perkebunan Bandar Selamat, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Jum'at (17/9) pagi, management BUMN PTPN3 Kebun BDSL mengadakan kegiatan/ Diklat singkat Social Impact Assessment (SIA).

Program diklat singkat SIA atau Penilaian Dampak Sosial adalah suatu metodologi untuk mereview (memahami) pengaruh-pengaruh sosial, budaya dan ekonomi dari beroperasinya suatu perusahaan dan intervensi-intervensi pembangunan yang lain.


Tujuan SIA untuk mengidentifikasi efek yang diinginkan dan tidak diinginkan dari intervensi yang direncanakan, artinya analisis ini merupakan kajian terhadap dampak dari suatu program yang diperlukan untuk proses pengambilan suatu keputusan mengenai penyelenggaraan program yang berkelanjutan di dalam suatu masyarakat.

Pelaksanaan SIA di Aula Balai Karyawan KBDSL kali ini dipimpin langsung oleh Konsultan Pembentukan Dokumen SIA, Dr. Zulkifli Lubis dari Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (LP - USU).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Manager PTPN III KBDSL Hendra Siswanto, STP yang sekaligus membuka acara pelaksanaan SIA, Kasubbag Standarisasi dan Sustainabilty BPEN PTPN III, Kuller Siregar, SE, ST, MM, QIA, Perwakilan APK PTPN III KBDSL beserta staf lainnya, Kapolsek Bandar Pulau, AKP. Ali Yunus Siregar, Camat Aek Songsongan, Panusunan Rambe, SH, Mewakili Danramil 15/BPL, Peltu Zulhelmi,

Tampak juga Kepala Desa (Kades) Perkebunan Bandar Selamat, Poniran, A.Md, Kades Aek Singsongan, Ir. Edi Syahputra Mrp, Kades Marjanji Aceh, Rayani Sianipar, SE, Kades Aek Bamban, Marayun Panjaitan, Kades Situnjak, Gunawan, Kades Mekar Marjanji diwakili Kepala dusun, Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Pengurus Serikat Pekerja Perkebunan (SPBun) PTPN III KBDSL,Zulkifli Dalimunthe.

Kepada Kru KabarMania.com, Dr. Zulkifli Lubis menjelaskan bahwa acara ini merupakan giat rutin perusahaan perkebunan PTPN III setiap tiga (3) tahun yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (LP - USU) untuk menilai dampak sosial kehadiran perusahaan di lingkungan masyarakat sekitarnya dan merancang program strategis untuk mengatasinya.

Kegiatan dilakukan secara pastisipatif, maksudnya kita dapat menerima langsung masukan dari masyarakat sekitar perusahaan yang berbatasan langsung, baik tentang keluhan yang dirasakan atas kegiatan operasional perusahaan, serta tanggapan masyarakat atas pelayanan perusahaan PTPN III dalam kepedulian bidang sosial keagamaan, pendidikan, kesehatan dan sarana - prasarana lainnya.


Sehingga dengan masukan ini, perusahaan PTPN III dapat memfasilitasi hingga mengatasi keluhan masyarakat yang ada di desa tersebut, baik dalam bentuk program Sosial Corporate Responsibility (CSR), Maupun tanggapan langsung lainnya yang bersifat darurat misalnya, terang Zulkifli.

Pelaksanaan SIA di PTPN III KBDSL berjalan lancar, tertib dan sukses dengan tetap mengedepankan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes), sebab sekarang masih suasana pandemi Covid-19. (KBM)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama