HUT Bhayangkara Polri Ke - 75, Presesi Jangan Sekedar Narasi

Selamat HUT Bhayangkara Polri ke - 75, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

KabarMania.com, Asahan - Hari ini, Kamis 01 Juli 2021 diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-75. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mendapatkan hadiah manis disebut menjadi " Penegak Hukum Paling Dipercaya Publik ' versi survei Cyrus Network.

Banyak perubahan yang dilakukan oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo, salah satu gebrakan yang perlu diapresiasi adalah penggunaan aplikasi dan revitalisasi di call center 110.

Hal - hal itu perlu diapresiasi,  hanya saja ini masih sporadis atau ceremony tampaknya dan belum menjadi sebuah sistem yang lebih integral. Kedepannya Polri diharapkan terus berbenah untuk kemajuan internal menuju pengayoman eksternal.

Kelihatannya perubahan paling mencolok masih di seputaran narasi belum menuju konsep dari profesional, modern dan terpercaya (Promoter) menjadi prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi).

Berkenaan " Transparansi Berkeadilan" semangat Polri untuk membuat kebijakan yang transparan, bahwa polisi diawasi oleh publik implementasinya belum maksimal.

Misalnya peran serta publik di dalam kepolisian secara kelembagaan belum dijelaskan rinci, pengawasan masih dilakukan oleh internal Kepolisian dan kelihatannya belum berjalan efektif.

Divisi Propam memang sudah bergerak beberapa kali melakukan penangkapan Anggota yang melakukan pelanggaran, seperti di Surabaya dan Bandung misalnya, tapi makna transparansi berkeadilan sampai sa'at ini masih terlihat hanya sporadis atau praktis belum merupakan program yang tersistem dengan baik.

Contohnya lainnya ketika  Divisi Propam melakukan penangkapan atau pemberian sanksi pada Anggota yang melanggar hukum, kemudian dianulir oleh SDM berupa mutasi. Peristiwa - peristiwa demikian seolah - olah mutasi itu adalah sanksi tapi sebenarnya adalah promosi.

Belum lagi kegiatan oknum - oknum Anggota dan Pimpinan yang melakukan giat atas keinginan pribadi bukan atas Tupoksi yang tanpa disadari telah merendahkan kewibawaan Polri di masyarakat.

Hal - hal seperti itu yang nampak sebenarnya ini mencederai rasa keadilan Anggota Polri sendiri yang sudah berbuat baik, bekerja baik dan berprestasi itu yang mengecewakan.

Ke depan Polri perlu memperbaiki sistem pengawasan agar komitmen Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperbaiki citra polisi terlaksana dengan baik. Pengawasan baik seperti apa yang harus dilakukan, tentunya pengawasan yang transparan berkeadilan dimaksud.

Statement tersebut diutarakan Pemimpin Redaksi KabarMania,com, Muhammad Yunus, Kamis (1/7) sekira pukul 14.00 wib di Kota Kisaran ketika diminta tanggapannya sehubungan HUT Bhayangkara Polri ke - 75.

Polri juga tidak boleh mengesampingkan pendekatan yang humanis di dalam melaksanakan tugasnya, tugas ini ada di SDM kepolisian sendiri terkait pendidikan di kepolisian dari awal bagaimana mensett anggota dibentuk bukan hanya sebagai penegak hukum tapi tentunya juga sebagai pelayan, pelindung masyarakat itu yang harus benar-benar dilakukan.

Penegak hukum hanya salah satu alat saja untuk melindungi dan mengayomi masyarakat, jika hanya melakukan penegakan hukum saja akibatnya anggota kepolisian seringkali mengatasnamakan hukum untuk melakukan pelanggaran hukum seperti memainkan hukum narkoba dari yang bisa dikenai pasal dengan ringan menjadi pasal berat atau sebaliknya, kata Pemred.


Sejumlah Organisasi Kepemudaan  Hadiri HUT Bhayangkara Di Mapolres Asahan


Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK foto bersama Ketua DPD IPK Asahan, Hazhar Efendy Ray di sela - seia peringatan HUT Bhayangkara ke - 75 di Mapolres Asahan.

Sementara itu kegiatan HUT Bhayangkara ke - 75 di Resort Asahan, sejumlah organisasi kepemudaan seperti Ikatan Pemuda Karya (IPK), Pemuda Pancasila (PP), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Laskar Merah Putih (LMP), Generasi Muda Keluarga Besar (GMKB) FKPPI, puluhan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kepala Desa Berprestasi dan para Wartawan turut memeriahkan HUT Bhayangkara ke - 75 di Mapolres Asahan,Kamis (1/7) sejak pagi hari .

Arahan dan ucapan selamat dari sejumlah Pimpinan Polri seperti arahan Kapolri melalui Virtual dan bimbingan dari Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK serta Bupati Asahan, H. Surya, B.Sc disambut secara hikmat oleh tamu yang hadir di Aula Wira Satya Polres Asahan.

Tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) para tamu undangan dan Anggota Polri yang hadir mengikuti Acara HUT Bhayangkara di Mabes Polri dan Istana Kepresidenan secara Virtual sambil menikmati Nasi Tumpeng dan menikmati hidangannya yang tersedia.

Dalan sejumlah pidato yang disampaikan Kapori, Kapoldasu dan Kapolres Asahan berterima kasih kepada Masyarakat yang masih memberi kepercayaan yang masih tinggi terhadap Polri.

Tampak sejumlah bingkisan diberikan kepada Kapolsek, Kepala Desa dan Lurah Asahan yang berprestasi . Kegiatan Potong Nasi Tmpeng,  menyanyikan lagu HUT Bhayangkara dirangkai pembacaan do'a di acara di dalam Aula diikuti para tamu dan masyarakat yang turut bergembira menyambut HUT Bhayangkara ke - 75. (Hardi/ZA)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama