Demo KSMN Desak Bupati Asahan Tindak PKS PT. AIP Terkait Limbah


Massa KSMN aksi damai di Halaman Kantor Bupati Asahan terkait Limbah PKS PT. AIP 

KabarMania.com, Asahan - Puluhan massa dari Kepedulian Sosial Masyarakat Nusantara (KSMN), kamis (15/6) siang melakukan aksi damai di halaman Kantor Bupati Asahan terkait pengelolaan dan pembuangan limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS), milik Perseroan Terbatas Agrindo Indah Persada (PT. AIP) yang berlokasi di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, karena dinilai masyarakat tidak sesuai aturan dan terindikasi telah mencemari lingkungan.

Ali Umri selaku Koordinator Lapangan (korlap), dalam orasinya menyampaikan beberapa tuntutan masyarakat, diantaranya dia mendesak Bupati Asahan, H. Surya, B.Sc segera memberikan tindakan kepada managemen PKS PT. AIP, yang diduga dengan sengaja membuang limbah ke sungai, dikhawatirkan bahwa limbah tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Massa juga mengatakan agar Bupati meminta penjelasan kepada PT. AIP yang kabarnya telah melakukan pembakaran tankos (tandanan kosong), sehingga menimbulkan asap tebal dan pekat yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

Selanjutnya massa pendemo meminta Pemerintahan Asahan melakukan cek ke lokasi PKS PT. AIP tentang tonase angkutan yang melebihi kapasitas kemampuan daya jalan, sehingga mengakibatkan jalan rusak dan hancur serta polusi udara.

Massa KSMN di Kantor Dinas Lingkungan Hidup melanjutkan aksinya usai dari Kantor Bupati. 

Usai melakukan orasi di Kantor Bupati Asahan massa melanjutkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Massa KSMN bertemu dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar dan dipersilahkan untuk menyampaikan tuntutanya.

Bertempat di aula kantor tersebut, Ketua KSMN, Ali Muda Lubis,SE,MM berdialog dengan Kadis, Ali berharap agar Rahmad Hidayat Siregar selaku Kadis Lingkungan Hidup bersedia untuk menjadi mediator bagi masyarakat, terkait masalah pembuangan limbah PKS PT. AIP.

Ijin Pak Kadis, saya mewakili masyarakat memohon, agar kami (masyarakat) dipertemukan dengan pihak Perusahaan untuk mencari solusi demi kebaikan masyarakat dan Perusahaan, terkait limbah PKS PT. AIP. Kami berharap Kantor Dinas Lingkungan Hidup ini sebagai mediatornya, kata Ali mengawali pembicaraan.

Rahmad Hidayat Siregar mengucapkan terima kasih atas kehadiran kawan - kawan di Dinas Lingkungan Hidup, Saya akan menindaklanjuti temuan dan laporan masyarakat terkait pembuangan limbah PKS PT. AIP.

Namun berhubung saya dalam minggu ini akan melaksanakan Bimtek ke Bandung, mungkin minggu depan saya akan mengundang pihak  Perusahaan ke Kantor, mudah - mudahan ada titik temu, ujar Rahmad. (Hite)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama