PT. PLN Gencar Kampanye Program PLTA Asahan 3 Peduli

Tembok penahan tanah longsor di jalan provinsi KM 6, Desa Marjanji Aceh, Kecamatan songsongan yang diperbaiki oleh PLTA Asahan 3.

KabarMania.com, Asahan - Program ASAHAN 3 PEDULI kian gencar di Kampanyekan oleh PT. PLN (Persero). Sekarang BUMN tersebut sedang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 yang berkapasitas 2 x 87 Mega Watt (MW) untuk mewujudkan komitmen pemanfa'atan energi baru dan terbarukan (EBT).

Mega Proyek Kelistrikan yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara ini ditargetkan selesai dan beroperasi pada Maret 2024.

Di masa Pandemi Covid+19 sekarang managemen PLTA Asahan 3 tetap bersinergi dengan kebijakan pemerintah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam melakukan kegiatan kajian perspektif dinamika sosial yang mengedepankan aspek kearifan lokal.

Program " PLTA Asahan 3 Peduli " yang dibuat untuk mengurai persoalan sosial yang terjadi dalam masa pasca hingga proses pembangunan PLTA Asahan 3.

Peran Satuan Tugas Pengaduan (STP) sejak satu tahun teraknir ini diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat dan pengembang PT. PLN (Persero) PLTA Asahan 3, kata Tim STP Dumas, Saruhum Rambe pada Kru KabarMania.com, di kantornya, Senin (23/8) siang.

Disamping dimensi persoalan lainnya yang cukup kompleks untuk diurai dalam tahapaan berlangsungnya kegiatan konstruksi proyek, secara bertahap Program PLTA Asahan 3 Peduli dikampanyekan terus secara bertanggung jawab.

Secara Perdana, program PLTA Asahan 3 Peduli bersama PT. PLN (Persero) dan sejumlah stake holder Pemerintah Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, telah dibangun gagasan pertemuan bersama Forkopimcam Aek Songsongan di Aula Kantor Camat Aek Singsongan Selasa (27/7) lalu.

Lima truk batu dari galian tunnel Muck yang rutin disumbangkan PLTA Asahan 3 pada perbaikan jalan provinsi.

Hingga sekarang hasil pertemuan tersebut tetap menjadi kegiatan berkesinambungan untuk menjawab persoalan penting menyangkut perbaikan kerusakan sarana jalan.

Di sini, PT. PLN PLTA Asahan 3 berkontribusi aktif dalam kolaborasi perbaikan jalan propinsi (pulau raja sampai batu mamak) melalui bantuan 5 (lima) truk batu dari galian tunnel muck setiap bulannya.

Berlanjut pula pembangunan Tembok Penahan Tanah Longsor yang kini telah selesai. Pembangunan tersebut dimaksud untuk mencegah terjadinya longsor dan kerusakan jalan propinsi di KM 6 Bedeng Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan.

Jalan tersebut merupakan jalan akses penting bagi masyarakat yang menghubungkan Kabupaten Asahan dengan Kabupaten Toba, berbagai aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat serta mobilisasi material ke proyek PLTA Asahan 3 sangat membutuhkan sarana jalan itu.

Perbaikan dilaksanakan oleh Managemen PLTA Asahan 3 dengan memberdayakan pekerja lokal. Dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sebagai bagian dari implementasi Program Asahan 3 Peduli tentunya, terang Saruhum Rambe. (KBM)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama