Puluhan Guru Dan Ratusan Siswa Pipis Ke Mana Di SMPN 4 Bandar Pulau ?

Kamar mandi dan WC yang berubah fungsi menjadi gudang di UPTD SMPN 4 Bandar Pulau.

KabarMania.com, Asahan - Tampak di beberapa titik bangunan gedung dan di sejumlah fasilitas sarananya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SMPN 4 Bandar Pulau, di Dusun V, Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, sa'at ini banyak mengalami kerusakan karena tidak terawat.

Hal ini diungkapkan Tokoh Pemuda Pemerhati Pendidikan, Sudirman Marpaung kepada kru media ini, ketika kebetulan wartawan bertemu Sudirman Marpaung di UPTD SMPN 4 Bandar Pulau, Rabu (24/4) siang.

Salah satu Plafon yang rusak di UPTD SMPN 4 Bandar Pulau.

Menurut Sudirman, fakta kerusakan pada gedung dan sarananya kelihatannya tidak mendapatkan perhatian, terkesan dibiarkan oleh pihak penyelenggara sekolah, sejumlah plafon asbes ruangan kelas jebol terburai, kosen dan jalusi rusak, juga kondisi dinding gedung dengan warna cat tampak kusam.

Situasi itu tentu mengganggu kenyamanan proses belajar - mengajar dan bahkan dapat mengancam keselamatan para guru dan siswa, kondisi ini menjadi fenomena miris di tengah kabar - kabar adanya dugaan korupsi besar - besaran di Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.


Terasa mencederai nilai edukasi dan estetika bagi dunia pendidikan. Lanjut Sudirman, sa'at kami memantau fasilitas sanitasi sekolah (WC dan Kamar mandi), terpantau tidak berfungsi sama sekali, air yang tidak tersedia (kosong), serta ruangan WC dan Kamar mandi menjadi gudang penyimpanan material dan alat - alat lainnya.

Kondisi itu disebabkan karena mesin pompa air yang rusak, " sangat tidak nyaman ini Pak ", celetuk salah seorang guru honor kepada kru media, sembari mengabarkan bahwa Kepala Sekolah (Kepsek) sedang tidak berada di tempat.


Dapat dibayangkan ada puluhan guru dan ratusan siswa di UPTD SMPN 4 Bandar Pulau, tanpa ketersediaan air bersih di fasilitas WC, diduga mereka akan pipis dan BAB sembarangan di sejumlah tempat, hal ini tidak terbayangkan betapa naifnya, ketus Sudirman.

Terkait situasi dan kondisi buruknya sarana dan fasilitas gedung sekolah tersebut, kru media ini menkonfirmasi Kepsek SMPN 4 Bandar Pulau, Leli Endah Rini, S.Si melalui WhatsApp (wa) Rabu (24/4) sekira pukul 10.27 Wib.

Baru sekira pukul 14.31 WIB mendapat jawaban, Leli Endah Rini mengatakan " kami tadi pawai ta'aruf pembukaan MTQ & FS tingkat Kabupaten Asahan, di Kisaran ", sebutnya.


Sementara Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Pemkab. Asahan, Mursaid yang coba dimintai statemennya via pesan singkat wa dari redaksi, Jum'at (26/4) sekira pukul 09.11 WIB terkait situasi dan kondisi di UPTD SMPN 4 Bandar Pulau, sampai berita ini disiarkan beliau belum memberikan keterangannya. (KBM)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama